Selasa, 05 Oktober 2010

Mengatasi Masalah Lupa Password BIOS Notebook

 Mengatasi Masalah Lupa Password BIOS Notebook

Mungkin bagi sebagian orang, artikel kali ini adalah artikel yang tidak penting. Eits. Tunggu dulu. Sebelum Anda berbicara demikian, Anda akan saya beri pertanyaan, “Apakah Anda pernah mengalami corrupt file pada Windows Anda, sehingga menyebabkan Windows harus diinstall ulang?” Mungkin tidak jadi masalah apabila seseorang mengingat passwordnya dengan baik. Tetapi bagaimana jika Anda lupa dan itu menyebabkan Windows tidak bisa diinstall ulang? Untuk menjawab pertanyaan itu simak baik-baik ulasan kali ini.
Pada PC, kita bisa dengan mudah membuka casing dan kemudian mereset jumper BIOSnya. Atau bisa juga dengan mencopot baterai BIOS. Oke. Pada PC memang tak ada masalah. Namun, bagaimana dengan kelupaan BIOS pada notebook? Mungkin kita bisa mengambil baterainya, tetapi hal ini akan bahaya jika orang tersebut tidak biasa membongkar notebook. Apalagi jika masih garansi, otomatis segel akan terbuka yang akan menyebabkan garansi tidak berlaku. Lantas, bagaimankah cara yang aman? Berikut akan dijelaskan solusi kelupaan password BIOS pada notebook. Cara aman ini menggunakan program BIOS_PW yang dapat didownload dengan mengklik disini.
Catatan: Sebelum melakukan perbaikan, sediakan notebook yang kelupaan BIOSnya dan notebook yang normal. Ini dikarenakan program BIOS_PW dijalankan pada notebook yang normal . Jadi dapat dikatakan harus ada 2 notebook untuk memperbaiki masalah ini.
Untuk notebook yang rusak :
  • Restart notebook Anda
  • Cari kodenya, yaitu dengan cara saat mau masuk BIOS tekan F2 lalu tekan ENTER beberapa kali hingga muncul kodenya
  • Tinggalkan notebook ini dan kita beralih ke notebook yang normal
Untuk notebook yang normal :
  • Copy software BIOS_PW di drive D: (jangan letakkan program ini di dalam folder. Jadi letakkan langsung di D: atau bisa disebut folder akar D:). Apabila belum mempunyai programnya klik disini untuk download.
  • Klik start > run > cmd. Ini adalah langkah masuk ke dalam command prompt
  • Ketikkan pada Command Prompt D: lalu tekan ENTER
  • Ketikkan BIOS_PW
  • Coba masukkan salah satu dari kode yang muncul ke password BIOS notebook yang lupa passwornya tadi
sumber : http://mickychiro.wordpress.com

1 komentar: